PENGARUH LOYALITAS TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH PADA PT. BANK LAMPUNG DI BANDAR LAMPUNG

RAK

 

PENGARUH LOYALITAS TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH PADA PT. BANK LAMPUNG DI BANDAR LAMPUNG

 

Oleh

 

MURYANTI

 

 

 

Untuk mendapatkan loyalitas pelanggan, perusahaan harus memberikan benefit ekstra yang bisa mendorong pelanggan memiliki  emotional attachment terhadap produk yang digunakan. Dalam hal ini loyalitas yang dimaksud bukan sekadar mengonsumsi produk terus-menerus (repeat buying). Namun juga spend more, melakukan referal (mereferensikan ke orang lain) dan menjadi advokator bagi produk yang digunakannya.

Perumusan masalah dalam penulisan ini adalah : Apakah ada pengaruh loyalitas terhadap kepercayaan nasabah PT. Bank Lampung di Bandar Lampung. Indentifikasi masalah : faktor kepuasan, kualitas jasa dan citra perusahaan perlu ditingkatkan, prosentase  pencapai  target  (65%)  belum  sesuai  harapan,  adapun target yang diinginkan 95% masih dalam proses peningkatan.  Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh loyalitas terhadap kepercayaan nasabah PT. Bank Lampung di Bandar Lampung.

Dari pembahasan  yang telah diuraikan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa berdasarkan hasil Uji t didapat nilai thitung  = 19,041 dan setelah dibandingkan dengan t tabel  pada taraf signifikan 95% yaitu 2,66, maka thitung  =

19,041 > t tabel  = 2,66 sehingga dapat disimpulkan bahwa : Ha yang menyatakan terdapat pengaruh antara variabel loyalitas (X) terhadap kepercayaan nasabah (Y) dapat diterima.   Jadi variabel loyalitas (X) berpengaruh terhadap variabel kepercayaan  nasabah  (Y).    Kemudian  pada  persamaan  regresi  antara  variabel

loyalitas (X) terhadap variabel kepercayaan nasabah (Y) adalah Y = 0,154 +

0,990X penjelasannya adalah : bo = 0,154 merupakan nilai konstanta atau yang dapat diartikan bahwa pengawasan bernilai konstan sebesar satu point, berakibat kepercayaan nasabah akan meningkat sebesar 0,154%.   Bx = 0,990 yang dapat dinyatakan bahwa setiap penambahan tanggapan responden mengenai loyalitas, maka dapat  diikuti oleh kepercayaan nasabah sebesar 99,0% atau setiap terjadi peningkatan nilai pada variabel loyalitas sebesar satu point, maka kepercayaan nasabah akan meningkat sebesar 0,990 point.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved