PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA / STAKEHOLDER PADA KANWIL DJKN LAMPUNG DAN BENGKULU


2019

MIFTACHUL HUDA



ABSTRAK

 

PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA / STAKEHOLDER PADA KANWIL DJKN LAMPUNG DAN BENGKULU

 

Oleh

 

MIFTACHUL HUDA

 

 

 

Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu adalah Unit Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan yang terletak di jalan Raden Intan Nomor 121 Enggal, Kota Bandar Lampung. Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis di bidang kekayaan negara, piutang negara, dan lelang.

Permasalahan yang terjadi pada Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu yaitu capaian kepuasan pengguna layanan yang masih fluktuatif dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Dimana capaian terendah tahun 2016 senilai 4,28. Capaian ini meskipun diatas target yang ditentukan saat itu, namun berisiko untuk terjadi lagi dan target tidak tercapai, mengingat tahun 2019 targetnya adalah 4,35.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima yang diberikan para pegawai Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu terhadap kepuasan pengguna jasa / stakeholder Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 34 orang atau 25% dari jumlah pengguna layanan Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu pada bulan dilakukan penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh antara Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Pengguna Jasa / stakeholder pada Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu. Saran kepada Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu adalah peningkatan  softskill  dibidang  komunikasi  untuk  menyempurnakan  pelayanan, dan peningkatan hardskill untuk lebih menguasai kompetensi yang diperlukan oleh pengguna jasa / stakeholder. Hal tersebut untuk menjaga kepuasan pengguna jasa yang saat ini telah dirasakan baik agar tetap stabil di masa yang akan datang.

 

 

 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved