ABSTRAK
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN DUA SAUDARA
DI BANDAR LAMPUNG
Oleh
MESRA AYUNI
Kualitas pelayanan merupakan suatu profit strategy untuk menarik lebih banyak konsumen baru, mempertahankan konsumen yang ada, menghindari berpindahnya konsumen dan menciptakan keunggulan khusus. Perusahaan yang mengutamakan kualitas pelayanan yang baik akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan sebagai usaha untuk mewujudkan kenyamanan terhadap konsumen agar konsumen merasa mempunyai nilai yang lebih dari yang diharapkan. Harapan konsumen merupakan faktor penting, kualitas layanan yang lebih dekat untuk kepuasan konsumen akan memberikan harapan lebih dan sebaliknya. Dengan adanya kualitas pelayanan yang telah diberikan, maka secara tidak langsung kepuasan konsumen akan terwujud
Berdasarkan uraian sebagaimana di atas, maka perumusan masalah yang dapat diajukan dalam penulisan ini adalah : “Apakah kulitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Dua Saudara di Bandar Lampung” Adapun indentifikasi masalah dalam penelitian ini adalah : adanya pesaing usaha rumah makan yang berada di sekitar lokasi. Tingkat kepuasan konsumen yang kurang optimal sehingga mengalami penurunan pengunjung tiap bulannya.
Dari pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa berdasarkan hasil Uji t didapat nilai t hitung = 19,041 dan setelah dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikan 95% yaitu 2,66, maka t hitung =
19,041 > t tabel = 2,66 sehingga dapat disimpulkan bahwa : Ha yang menyatakan terdapat pengaruh antara variabel Kualitas Pelayanan (X) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) dapat diterima. Jadi variabel Kualitas Pelayanan (X) berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y). Kemudian pada persamaan regresi
antara variabel Kualitas Pelayanan (X) terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y) adalah Y = 0,154 + 0,990X penjelasannya adalah : bo = 0,154 merupakan nilai konstanta atau yang dapat diartikan bahwa pengawasan bernilai konstan sebesar satu point, berakibat Kepuasan Konsumen akan meningkat sebesar 0,154%. Bx =
0,990 yang dapat dinyatakan bahwa setiap penambahan tanggapan responden mengenai pengawasan, maka dapat diikuti oleh Kepuasan Konsumeni sebesar
99,0% atau setiap terjadi peningkatan nilai pada variabel pengawasan sebesar satu point, maka Kepuasan Konsumen akan meningkat sebesar 0,990 point.
yang dapat penulis sampaikan adalah hendaknya kualitas pelayanan di R Makan Dua Saudara terus dipertahankan dimasa-masa mendatang. Henda Pihak Rumah Makan Dua Saudara menindak apabila ada pegawainya atau karyawannya yang memberikan pelayanan yang kurang baik.. Hendaknya konsumen juga dapat mematuhi peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh Rumah Makan Dua Saudara.