PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN DUA SAUDARA DI BANDAR LAMPUNG

ABSTRAK

 

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN DUA SAUDARA

DI BANDAR LAMPUNG

 

 

Oleh

MESRA AYUNI

 

Kualitas pelayanan merupakan suatu profit strategy untuk menarik lebih banyak konsumen baru, mempertahankan konsumen yang ada, menghindari berpindahnya konsumen dan menciptakan keunggulan khusus. Perusahaan yang mengutamakan kualitas pelayanan yang baik akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan sebagai usaha untuk mewujudkan kenyamanan terhadap konsumen agar konsumen merasa mempunyai nilai yang lebih dari yang diharapkan. Harapan konsumen merupakan faktor penting, kualitas layanan yang lebih dekat untuk kepuasan konsumen akan memberikan harapan lebih dan sebaliknya. Dengan adanya kualitas pelayanan yang telah diberikan, maka secara tidak langsung kepuasan konsumen akan terwujud

Berdasarkan  uraian  sebagaimana  di  atas,  maka  perumusan  masalah  yang dapat diajukan dalam penulisan ini adalah : Apakah kulitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Dua Saudara di Bandar LampungAdapun indentifikasi masalah dalam penelitian ini   adalah : adanya pesaing usaha rumah makan yang berada di sekitar lokasi. Tingkat kepuasan konsumen yang kurang optimal sehingga mengalami penurunan pengunjung tiap bulannya.

Dari pembahasan  yang telah diuraikan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa berdasarkan hasil Uji t didapat nilai t hitung = 19,041 dan setelah dibandingkan dengan t tabel  pada taraf signifikan 95% yaitu 2,66, maka t hitung  =

19,041 > t tabel  = 2,66 sehingga dapat disimpulkan bahwa : Ha yang menyatakan terdapat pengaruh antara variabel Kualitas Pelayanan (X) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) dapat diterima.  Jadi variabel Kualitas Pelayanan (X) berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y).   Kemudian pada persamaan regresi

antara variabel Kualitas Pelayanan (X) terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y) adalah Y = 0,154 + 0,990X penjelasannya adalah : bo = 0,154 merupakan nilai konstanta atau yang dapat diartikan bahwa pengawasan bernilai konstan sebesar satu point, berakibat Kepuasan Konsumen akan meningkat sebesar 0,154%.  Bx =

0,990 yang dapat dinyatakan bahwa setiap penambahan tanggapan responden mengenai pengawasan, maka dapat   diikuti oleh Kepuasan Konsumeni sebesar

99,0% atau setiap terjadi peningkatan nilai pada variabel pengawasan sebesar satu point, maka Kepuasan Konsumen akan meningkat sebesar 0,990 point.

yang dapat penulis sampaikan adalah hendaknya kualitas pelayanan di R Makan Dua Saudara terus dipertahankan dimasa-masa mendatang. Henda Pihak  Rumah  Makan  Dua  Saudara  menindak  apabila  ada  pegawainya  atau karyawannya   yang  memberikan  pelayanan   yang  kurang  baik..   Hendaknya konsumen juga dapat mematuhi peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh Rumah Makan Dua Saudara.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved