PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KECAMATAN PAJAR BULAN LAMPUNG BARAT


2019

MELKI DAFIRZATA



ABSTRAK

 

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI

PADA KECAMATAN PAJAR BULAN LAMPUNG BARAT

 

Oleh

 

MELKI DAFIRZATA

             

            Motivasi kerja menunjukkan bahwa tidak semata didasarkan pada nilai uang yang diperoleh saja, karena ketika kebutuhan dasar seseorang dapat terpenuhi, maka dia akan membutuhkan hal-hal yang memuaskan jiwanya seperti kepuasan kerja, penghargaan, respek, suasana kerja dan hal-hal yang memuaskan hasratnya untuk berkembang, yaitu kesempatan untuk bekerja dan mengembangkan dirinya. Sehingga akhirnya orang bekerja atau melakukan sesuatu karena nilai, yakni ingin memiliki hidup yang lebih bermakna dan dapat mewariskan sesuatu kepada yang dicintainya. Orang yang mempunyai motivasi tinggi akan terpacu untuk bekerja lebih keras dan penuh semangat karena mereka melihat pekerjaan bukan sekedar sumber penghasilan tetapi untuk mengembangkan diri dan berbakti untuk orang lain. Oleh karena itu motivasi penting sebagai dorongan seseorang dalam menghasilkan suatu karya baik bagi diri sendiri maupun bagi organisasi. Motivasi juga harus lahir dari dalam jiwa pimpinan dalam organisasi dalam mengarahkan para pegawai. Maka dari itu hubungan antar pimpinan dan pegawai harus bersinergi dengan baik untuk menumbuhkan kinerja yang baik juga dalam organisasi.

            Motivasi bila dihubungkan dengan lingkungan kerja akan melahirkan suasana kerja yang membangkitkan, mengarahkan dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja, maka penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kecamatan Pajar Bulan Lampung Barat.”

Dengan teori Motivasi menurut pendapat Handoko (2011) yaitu keadaan pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai tujuan. Menurut Mangkunegara (2013), kinerja merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

            Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pajar Bulan Lampung Barat, yang beralamatkan di Jl. Lintas Liwa, Kecamatan Pajar Bulan, Lampung Barat.

            Hasil Penelitian didapatkan Motivasi memiliki pengaruh yang besar yaitu sebesar 73.6% terhadap Kinerja pada Pegawai Kecamatan Pajar Bulan Lampung Barat. Dari pengolahan data juga didapatkan bahwa masih ada variabel lain tetapi tidak begitu besar pengaruhnya yang belum dimasukkan tetapi memiliki pengaruh pada Kinerja sebesar 26.4%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved