PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KOMPETENSI ANGGOTA POLRI DI LINGKUNGAN POLRESTA BANDAR LAMPUNG

ABSTRAK

PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

TERHADAP KOMPETENSI ANGGOTA POLRI

DI LINGKUNGAN POLRESTA BANDAR LAMPUNG

 

Oleh

KUNTARI

 

Penelitian dilakukan di Polresta Bandar Lampung dengan objek penelitian adalah Bintara Polri pada Polresta Bandar Lampung. Tujuan penyelenggaraan pelatihan yang diselenggarakan oleh Polri guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel di lingkungan Polri. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia khususnya bagi anggota Polri di lingkungan Polresta Bandar Lampung.

Masalah yang dihadapi adalah bahwa walaupun pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada anggota Polri belum dapat meniadakan terjadinya penyimpangan perilaku anggota Polri sehingga memberikan citra yang buruk di tengah masyarakat sehingga masih perlunya peningkatan kompetensi anggota Polresta Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kompetensi anggota Polri di Lingkungan Polresta Bandar Lampung. Adapun hipotesis penelitian yang diajukan yaitu “Pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi anggota Polri di Lingkungan Polresta Bandar Lampung”.

Pengumpulan data diperoleh melalui studi lapangan dengan populasi berjumlah 90 orang Bintara Polresta Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa analisis regresi linier menghasilkan arah regresi Ŷ = 17,041 + 0,564 X. Kemudian Hasil uji thitung diperoleh nilai sebesar 8,803 > nilai ttabel­ 1,987 sehingga terbukti bahwa Pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi anggota Polri di Lingkungan Polresta Bandar Lampung. Selanjutnya persentase pengaruh variabel Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kompetensi Anggota Polri adalah sebesar 46,8%, sedangkan sisanya sebesar 53,2%, variabel Kompetensi Anggota Polri dapat dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved