HUBUNGAN PEMBAGIAN KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA BAGIAN KEPEGAWAIAN DINAS PUPR PROVINSI LAMPUNG


2019

Juni Indharto



ABSTRAK

 

HUBUNGAN PEMBAGIAN KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA BAGIAN KEPEGAWAIAN

DINAS PUPR PROVINSI LAMPUNG

 

 

 

 

Oleh

 

JUNI INDHARTO

 

 

 

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1). Pembagian kerja yang belum optimal, sehingga berakibat pada kinerja pegawai yang rendah hal ini dibuktikan dengan pemberian pelayanan dan penyelesaian administrasi yang kurang efektif sehingga pekerjaan menjadi menumpuk pada beberapa orang saja. 2). Disiplin kerja  yang belum  optimal,  hal  ini  tercermin  dari tingkat  kehadiran  pada saat datang dan pulang kerja yang tidak sesuai dengan jam kerja.

 

Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancaraa, dokumentasi dan quisioner/ daftar pertanyaan. Teknik sampel akan ditentukan dari jumlah responden sebanyak 23 orang responden Pegawai   di Bagian Kepegawaian Dinas PUPR Provinsi Lampung.

 

Berdasarkan analisa kuantitatif diperoleh dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 21 diperoleh bahwa besarnya Koefisien Determinasi antara Pembagian Kerja (X) dengan   Disiplin Kerja (Y) adalah KD = R2  = 0,2942  =

0,0867 = 0,0867 x  100% = 8,67  %. Uji hipotesis parsial melalui uji  t (test) diperoleh nilai thitung antara Pembagian Kerja (X) dengan Variabel Disiplin Kerja (Y) sebesar = 1,807 dan thitung 1,807 > ttabel 1,72. Persamaan regresi antara variabel Pembagian Kerja (X) terhadap Disiplin Kerja (Y) adalah Y = 4,640 + 0,214X yang artinya setiap kenaikan satu point dari variabel Pembagian Kerja akan diikuti oleh variabel Disiplin Kerja sebesar 0,214 point.Hal ini menunjukkan bahwa Pembagian Kerja memberikan kontribusi dalam meningkatkan Disiplin Kerja.

 

 

 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved