PENGARUH SARANA TERHADAP EFISIENSI KERJA PEGAWAI PADA DINAS CIPTA KARYA DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR PROVINSI LAMPUNG

ABSTRAK

 

 

 

PENGARUH SARANA TERHADAP EFISIENSI KERJA PEGAWAI PADA DINAS CIPTA KARYA DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR PROVINSI LAMPUNG

 

 

 

 

 

Oleh

 

 

 

JEFRI LAMDO

 

 

 

 

Dinas Cipta Karya dan Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung, sebagai salah  satu  instansi pemerintahan yang memperhatikan kerja pegawainya dan  mempersiapkan  sarana  dan  prasarana  kerja  yang  menunjang  pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) dari setiap pegawai. Dengan adanya pemanfaatan sarana dan prasarana kerja yang maksimal maka diharapkan akan merujuk kepada tingkat efisiensi kerja pegawai. Menurut pengertian yang didasarkan kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2006 tentang Standarisasi Sarana dan Prasarana Kerja Pemerintahan Daerah, permasalahan tersebut rumusan  masalah yang berhasil disusun oleh peneliti adalah Pengaruh Sarana Terhadap Efisiensi Kerja Pegawai Pada Dinas Cipta Karya dan Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung”.

Teori yang digunakan Sarana dan prasarana kerja Sarana dan prasarana kerja

Adalah fasilitas yang secara langsung maupun tidak langsung berfungsi sebagai penunjang  proses  penyelenggaraan  suatu  proses  kerja  aparatur  pemerintahan daerah  dalam  mencapai  suatu  tujuan  tertentu.  Indikatornya  yaitu  :  kondisi bangunan ketersediaan sarana prasarana, kondisi sarana prasarana, layout atau tata letak ruang dan penerapan teknologi informasi (Didi hartono, 2014). Efisiensi Kerja Efisiensi kerja adalah perbandingan terbaik antara suatu kerja dengan hasil yang dicapai oleh kerja itu. Adapun indikator pada variabel Y efisiensi kerjaadalah proses kerja, kondisi kerja, waktu dalam bekerja, jumlah dalam jenis pekerjaan dan kualitas pekerjaan (the Liang Gie, 2017).

Berdasarkan hasil analisis maka dikatahui  koefisien determinasi 78,3%

dari variasi perubahan Sarana dapat memodifikasi Efisiensi Kerja. Sedangkan

21,7% (persen) sisanya adalah pengaruh dari variabel atau faktor-faktor lain diluar model  Hal  ini  juga  membuktikan  bahwa  hasil  penelitian  menerima  Ha  dan Menolak Ho.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved