PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE (FIF) GROUP CENTRALIZED LAMPUNG

ABSTRAK

 

 

 

PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI  TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE (FIF) GROUP CENTRALIZED LAMPUNG

 

 

 

 

Oleh

 

IRMA LIZA

 

 

 

Sebagai   perusahaan yang selalu berupaya meningkatkan kinerja organisasinya, Federal International Finance Group Centralized Lampung selalu berupaya menjaga kualitas SDM yang ada di organisasinya. Cara  yang diterapkan antara lain dengan selalu berupaya meningkatkan kinerja karyawannya dengan membangun mentalitas karyawan agar memiliki komitmen organisasi yang tinggi dan meningkatkan kualitas dan profesionalitas melalui kompetensi agar bekerja secara optimal demi pencapaian tujuan organisasi. Namun pada kenyataannya, kinerja karyawan belum mencapai titik optimal, hal ini ditunjukkan dengan masih terdapat karyawan dengan komitmen organisasi yang rendah, contohnya tingkat turn over karyawan yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan  ingin mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai   pada FIF Group Centralized Lampung. Hipotesis yang  adalah sebagai    ada pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai pada FIF Group Centralized Lampung.

Sampel yang digunakan sebanyak 21 karyawan.  Pengolahan data primer dengan pendekatan metode analisis kuantitatif dibantu alat statistik aplikasi program  SPSS  versi  21.0.  untuk  perhitungan  uji  validitas,  uji  reliabilitas,  uji regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis Nilai t hitung untuk komitmen organisasi     yaitu  3,978, pada t tabel   dengan db 55 dan taraf signifikan 0.05 diperoleh 1,72 karena t hitung  > t tabel  maka Ha diterima. Artinya komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja    pegawai FIF Group Centralized Lampung. R Square   sebesar 0.442 artinya sebesar 44,2 % variasi perubahan variabel terikat (kinerja)   mampu dijelaskan oleh variabel bebas (komitmen organisasi) sedangkan sisanya 55,8% lagi dijelaskan  faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam  penelitian ini.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved