PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN TULANG BAWANG

ABSTRAK

 

 

 

PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN TULANG BAWANG

 

 

 

Oleh

 

 

 

IRHAM

 

 

 

 

 

 

 

Kepuasan kerja mencerminkan keadaan perasaan seseorang terhadap pekerjaan dan segala sesuatu di lingkungan pekerjaannya (Hasibuan, 2015:202). Kepuasan kerja merupakan aktualisasi diri pegawai dalam pekerjaannya, penulis bermaksud untuk meneliti  kepuasan kerja dan kinerja pegawai guna peningkatan hasil  kerja  dalam  kinerja  yang  dituangkan  ke  dalam  skripsi  dengan  judul Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat DPRD Kabupaten Tulang Bawang”.

Teori  yang digunakan  adalah Kepuasan  Kerja  yaitu  kondisi  emosional yang menyenangkan atau positif sebagai akibat dari penilaian terhadap pekerjaan atau pengalaman pekerjaan seseorang. (Locke, 2012), Kinerja yaitu hasil atau tingkat keberhasilan seseorang atau keseluruhan selama periode tertentu di dalam melaksanakan tugas dibandingkan dengan berbagai kemungkinan, seperti standar hasil kerja, target atau sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama. (Rivai, 2011:110)

Penelitian ini dilakukan di Sekretariat DPRD Kabupaten Tulang Bawang, yang beralamatkan di Jl. Negara Lintas Timur KM 112 Tiuh Tohou Menggala, Kabupaten Tulang Bawang.

Berdasarkan hasil penelitian Kepuasan Kerja memiliki pengaruh yang sedang yaitu sebesar 52.5% terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Tulang Bawang. Pada variabel Kepuasan Kerja juga didapatkan bahwa butir Organisasi anda memberi anda kesempatan untuk maju, memiliki kontribusi yang paling kecil. Kemudian Pada variabel Kinerja butir yang paling kecil adalah Anda selalu berusaha setia dengan apa yang diputuskan oleh organsiasi anda. Dari pengolahan data juga didapatkan bahwa masih ada 47.5%. pengaruh variabel lain yang belum dimasukkan tetapi memiliki pengaruh pada Kinerja.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved