PENGARUH TUNJANGAN KINERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN BIDANG PERIKANAN BUDIDAYA DAN PENANGANAN PASCA PANEN (PBP3) PROVINSI LAMPUNG


2019

Indra Dwiputra



ABSTRAK

 

PENGARUH TUNJANGAN KINERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN BIDANG PERIKANAN BUDIDAYA DAN PENANGANAN PASCA PANEN (PBP3) PROVINSI LAMPUNG

 

 

 

 

Oleh

 

INDRA DWI PUTRA

 

Pemberian tunjangan kinerja bagi pegawai negeri sipil merupakan amanat pada pasal 2 Peraturan Presiden Nomor 88 tahun 2013 disebutkan bahwa kepada pegawai yang mempunyai jabatan tertentu selain diberikan penghasilan sesuai ketentuan  peraturan    perundangundangan,  diberikan  tunjangan  kinerja  setiap bulan.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1). Motivasi kerja yang kurang maksimal menyebabkan kurang bersemangatnya pegawai dalam melaksanakan pekerjaan.2). Adanya Tunjangan Kinerja yang tidak atau belum sesuai dengan yang diharapkan. Perumusan permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut : Apakah ada pengaruh Tunjangan Kinerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Di Dinas  Kelautan  dan  Perikanan  Bidang  Perikanan  Budidaya  Dan  Penanganan Pasca Panen (PBP3) Provinsi Lampung?. tujuan dari penelitian ini adalah Ingin mengetahui pengaruh Tunjangan Kinerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Di Dinas  Kelautan  dan  Perikanan  Bidang  Perikanan  Budidaya  Dan  Penanganan Pasca Panen (PBP3) Provinsi Lampung.

Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan quisioner/ daftar pertanyaan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari  jumlah  responden  sebanyak  25  orang  responden  pegawai  pada  Dinas Kelautan dan Perikanan Bidang Perikanan Budidaya dan Penanganan Pasca Panen (PBP3). Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode regresi linier sederhana.

Berdasarkan  analisa  kuantitatif  diperoleh  Koefisien  Determinasi  antara

Tunjangan Kinerja (X) dengan  Motivasi Kerja (Y) adalah R2 = 0,6722 = 0,451 =

0,451 x 100% =  45,10 %.   Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa Pengaruh Tunjangan Kinerja terhadap Motivasi Kerja adalah sebesar 45,10 %, sedangkan sisanya   ditentukan oleh variabel lain  diluar dari variabel penelitian ini.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved