202. PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KECAMATAN BLAMBANGAN PAGAR KABUPATEN LAMPUNG UTARA

 

Fenomena yang terjadi di Kecamatan Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara, yaitu adanya beberapa pegawai yang terlambat hadir di kantor menunjukkan bahwa disiplin kerja pegawai terhadap instansi menurun. Selain permasalahan disiplin kerja sebagaimana diuraikan di atas, persoalan lain yaitu disiplin kerja  juga kurang mendukung aktivitas pegawai, hal ini ditunjukkan dengan keterbatasan peralatan seperti komputer dan kelengkapannya. Kesemuanya itu diyakini sebagai penyebab lemahnya kinerja pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja  dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh disiplin kerja  dan lingkungan kerja baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai.

Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 31 pegawai. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan kuisioner. Metode analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi dan uji koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 57,3%. Pengujian Hipotesis secara parsial lainnya, diperoleh hasil lingkungan kerja berpengaruh positif  terhadap kinerja  dengan kontribusi sebesar 40,8%. Disiplin kerja dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 58,1%, sedangkan sisanya sebesar 41,9% merupakan variasi variabel lain yang tidak diteliti. Implikasi dalam penelitian ini adalah: Perlu diterapkan sistem pengawasan melekat secara menyeluruh; Di masa yang akan datang anggaran pemeliharaan sarana pendukung aktivitas kerja perlu ditingkatkan; Perlu dirumuskan standar durasi waktu yang dibutuhkan untuk semua pekerjaan.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved