438. ANALISIS PENERAPAN E-GOVERNMENT DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA DAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR IMIGRASI KELAS I BANDAR LAMPUNG

 

 

ABSTRAK

 

 

 

Analisis Penerapan E-Government dan Dampaknya Pada Kinerja dan

Pelayanan Publik di Kantor Imigrasi Kelas I Bandar Lampung

 

Oleh. Hidayatullah

 

E-Government adalah tata kelola pemerintah dengan menggunakan teknologi informasi dan khususnya internet sebagai salah satu alat pemerintah untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada warga Negara, lembaga swasta dan lembaga pemerintahan lain yang saling berinteraksi. Bentuk dari pelaksanaan E- Government di Kantor Pemerintahan adalah E-office dan pendaftaran online di Kantor Imigrasi Kelas  I Bandar Lampung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah  penggunaan  E-Government  di  Provinsi  Lampung  khususnya  di  Kota Bandar Lampung masih sangat rendah, proses pelayanan terkesan kurang baik karena  banyak  keluhan  dari  masyarakat  serta  tidak  semua  masyarakat  paham dalam penggunaan system pendaftaran online dan teknologi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses, dampak, serta kendala- kendala yang dihadapi dalam penerapan E-Government di Kantor Imigrasi Kelas I Bandar Lampung.

 

Penelitian  ini  merupakan penelitian  kualitatif,  yaitu  dengan  cara menafsirkan, menginterprestasikan,  dan  mengklasifikasikan  dengan  menggunakan  kerangka teori dan kerangka konsep yang hasilnya diuraikan dan dijelaskan kedalam bentuk kalimat yang jelas, teratur, logis dan efektif sehingga diperoleh gambaran yang jelas, tepat, dan dapat ditarik kesimpulan sehingga dari beberapa kesimpulan tersebut dapat diajukan saran-saran. Penelitian ini mengambil 15 orang responden,yaitu pegawai Kantor Imigrasi, dan masyarakat sebagai pemohon pembuatan paspor.

 

Hasil dari penelitian ini yaitu, penggunaan E-office dan pendaftaran paspor secara online merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh pemerintah guna meningkatkan pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Bandar Lampung. Proses ini sudah berjalan dengan cukup baik meski terdapat beberapa kendala. Dampak dari penerapan E-Government adalah adanya efisiensi waktu dalam penyelesaian pekerjaan  sehingga tercipta peningkatan  pelayanan  publik  kepada masyarakat. Kendala yang dihadapi dalam penerapan E-Government adalah faktor SDM, ketersediaan  server,  kurangnya  sosialisasi,  dan  minimnya  pengetahuan masyarakat tentang teknologi.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved