437. PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL PROVINSI LAMPUNG

 

 

ABSTRAK

 

 

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS ENERGI DAN SUMBERDAYA MINERAL PROVINSI LAMPUNG

 

 Oleh

 

Hermansyah

 

 

Objek Penelitian ini adalah Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Lampung yang berlokasi di jalan Beringin II No. 12 Telukbetung Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Motivasi terhadap kinerja pegawai.

 

Motivasi merupakan dorongan bagi seseorang untuk melaksanakan kegiatan agar memperoleh hasil yang baik. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah Motivasi berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Energi dan Sumber Daya   Mineral   Provinsi   Lampung.   Metode   Penelitian   yang   digunakan   dalam penelitian ini adalah penelitian kausalitas, yaitu penelitian yang ingin menganalis hubungan  atau pengaruh  sebab-akibat  antara 2  (dua) variabel  atau lebih,  dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 37 orang pegawai dari 148 orang pegawai di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Lampung.

 

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Nilai koefisien determinasi R Squere (R2) sebesar; 0,529 atau 52,9% artinya bahwa variabel terikat (Kinerja Pegawai) di  pengaruhi  sebesar  52,9% oleh  variabel  bebas  (Motivasi),  sedangkan sisanya  47,1%  dipengaruhi  oleh  variabel  lain  di  luar  variabel  bebas  tersebut, sedangkan nilai hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh hasil 9,768 > 1,684. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa keputusan yang dapat di ambil yaitu menolak Ho dan menerima Ha, maka hipotesis Motivasi (variabel bebas) berpengarah terhadap Kinerja Pegawai (variabel terikat) dapat diterima.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved