435. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT. RADAR KOMUNIKASI DIGITAL DI BANDAR LAMPUNG


2019

HENDRA IRAWAN



 

 

ABSTRAK

 

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT. RADAR KOMUNIKASI DIGITAL

DI BANDAR LAMPUNG

 

 

 

Oleh

 

HENDRA IRAWAN

 

Kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin dalam mempengaruhi perilaku bawahannya, agar mau bekerjasama dan bekerja secara produktif demi tercapainya   tujuan   dari   organisasi.   Dalam   hubungan   pimpinan   dengan bawahannya. Kesesuaian antara kepemimpinan yang dibawa oleh pemimpin dengan apa yang menjadi harapan karyawannya

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Seringkali terjadi kesimpangsiuran dalam penyelesaian pekerjaan yang di instruksikan pimpinan. 2) Adanya pergantian gaya kepemimpinan akan berdampak pada perubahan sikap perilaku kerja yang terlihat dari motivasi kerja karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan quisioner/ daftar pertanyaan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari jumlah responden Karyawan PT. Radar Komunikasi Digital di Bandar Lampung adalah 22 orang Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode regresi linier sederhana.

Berdasarkan analisa kuantitatif diperoleh Uji hipotesis parsial melalui uji t (test) diperoleh nilai thitung antara Gaya Kepemimpinan (X) dengan Variabel Motivasi Kerja (Y) sebesar = 4,657 dan thitung  4,657 > ttabel  1,72, sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan (X) berpengaruh terhadap motivasi kerja (Y) Persamaan regresi antara variabel Gaya Kepemimpinan (X) dengan Variabel Motivasi Kerja (Y) adalah Y =1,236 + 0,660X, yang artinya setiap kenaikan satu point dari variabel Gaya Kepemimpinan akan diikuti oleh variabel Motivasi Kerja sebesar 0,660 point.. Kontribusi (R Square ) sebesar 0.520 berarti Lingkungan Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai sebesar 52,00 %, sedangkan sisanya ditentukan oleh variabel lain.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved