434. PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA GURU DI SMAN 1 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN


2019

HELENDRA WIDIANA



 

 

ABSTRAK

 

 

PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA GURU DI SMAN 1 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN

 

 

Oleh

 

HELENDRA WIDIANA

 

 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap  kinerja  guru.  Penelitian  ini  dilakukan  pada  guru  di  SMA  Negeri  1

Merbau Mataram di Desa Talang Jawa Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan dimana responden dilakukan terhadap guru. Melalui kepemimpinan kepala sekolah diharapkan mampu memberikan pengaruh terhadap kinerja responden yang semakin baik sehingga memberikan pengaruh yang baik terhadap kinerja guru.

Tipe penelitian adalah ekplonatory dengan pendekatan secara kuantitatif. Sampel dalam penelitian sejumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, sedangkan uji pengaruh dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil perhitungan korelasi antar variable menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kepemimpinan dengan kinerja guru.

 

 

Secara keseluruhan pengaruh antara variabel kepemimpinan terhadap kinerja guru adalah positif, dari hasil penelitian terdapat pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru pada SMA Negeri 1 Merbau Mataram Lampung Selatan, hasil  penelitian  menunjukkan  pengaruh  yang  tidak  terlalu  signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru walaupun tidak terlalu besar. Besarnya korelasi atau besarnya pengaruh antara variabel kepemimpinan kepala sekolah dengan variabel kinerja guru adalah 0.333 atau 33,3% sedangkan 66,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang dalam hal ini tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru.

 

 

 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved