433. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA BADAN PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN MESUJI


2019

HARI FATDRIANSYAH



 

 

ABSTRAK

 

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA ASN PADA BADAN PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN MESUJI

 

  

Oleh

 

Hari Fatdriansyah

 

  

Peran pimpinan sangat diperlukan karena pada kenyataannya keberhasilan suatu organisasi ditentukan oleh kepemimpinan dan gaya kepemimpinan yang dikembangkan pada organisasi tersebut untuk mencapai tujuan dari organisasi. Pemimpin di BPPKAD Kabupaten Mesuji dinilai memiliki sifat yang kurang memotivasi pegawai dalam melakukan pekerjaan sehingga kurang meningkatkan kinerja  pegawai  di dalam  tanggung jawabnya untuk menyelesaikan pekerjaan. Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   pengaruh   Gaya   Kepemimpinan terhadap Kinerja ASN pada Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Mesuji.

 

Jenis  penelitian  ini  adalah  jenis  penelitian  kuantitatif  dengan  menggunakan metode penelitian survey dan pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner (angket) yang berupa pernyataan tertulis yang diberikan kepada responden. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Hipotesis, Regresi Sederhana, dan Koefisien Determinasi dengan menggunakan bantuan hasil SPSS versi 18.

 

Dari hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh gaya kepemimpinan  yang diterapkan  oleh  pimpinan Badan  Pendapatan  Pengelolaan dan Aset Daerah Kabupaten Mesuji terhadap kinerja karyawan, nilai Adjusted R Square  (Adjusted  R2)  sebesar  0,330  atau  33%.  Nilai  ini  menunjukan  bahwa kinerja  pegawai  dapat  dijelaskan  sebesar  33% dipengaruhi  oleh  variabel  gaya kepemimpinan. Hal ini juga dapat dilihat dengan signifikansi α=0,05 dengan hasil uji F=23,639 dan signifikansinya < 0,05 (0,000<0,05), artinya hipotesis dapat disimpulkan  bahwa  Ho  ditolak  dan  Ha  diterima.  Sehingga  dapat  disimpulkan bahwa  gaya  kepemimpinan  secara  positif  berpengaruh  langsung  terhadap  ASN pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Mesuji.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved