426. PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN BUKIT KEMUNING DI LAMPUNG UTARA


2019

EGI DIAN ANATASYA DEWA YANI



 

 

ABSTRAK

 

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN BUKIT KEMUNING

DI LAMPUNG UTARA

 

 

 

Oleh

Egi Dian Anatasya Dewa Yani

 

 

 

Organisasi merupakan sebuah sistem dan kegiatan manusia yang bekerja sama untuk mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui tanggung jawab. Budaya organisasi adalah satu wujud anggapan yang dimiliki, diterima secara implisit oleh kelompok dan menentukan bagaimana kelompok tersebut merasakan, memikirkan, dan bereaksi ter hadap lingkungannya  yang  beraneka  ragam.  Dalam setiap organisasi,  budaya kerja selalu diharapkan baik karena baiknya budaya kerja akan berhubungan dengan berhasil atau tidaknya tujuan organisasi dicapai. Meningkatkan kinerja organisasi dalam suatu instansi secara keseluruhan harus dimulai dari meningkatkan kinerja individu tiap pegawai dalam instansi.  Kinerja pegawai memiliki potensi besar menjadi competitive advantage yang sulit ditiru, sebagai mana yang menjadi paradigma dalam Human Capital Management.

Tujuan   Penelitian   ini   adalah   untuk   mengetahui   pengaruh   budaya organisasi  terhadap  kinerja  pegawai  pada   Kecamatan  Bukit   Kemuning  di Lampung Utara. Metode yang penulis gunakan menggunakan data primer dan data sekunder. Penelitian yang akan dilaksanakan jenis Penelitian Deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis,  faktual,  dan  akurat  mengenai  fakta-fakta  dan  sifat-sifat  populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 46 responden penelitian. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu : Variabel bebas (X) dan variabel terikat dimana Budaya Organisasi (X), sebagai variabel bebas dan Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat.

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban  hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Budaya Organisasi (X) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 61,07% yang berarti Budaya Organisasi memberikan pengaruh sebesar 61,07% dan sisanya 38,93% dipengaruhi oleh faktor lain.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved