419. PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BIRO ORGANISASI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

 

 

ABSTRAK

 

 

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA  TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BIRO ORGANISASI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

 

 

 

Oleh

 

 

DESI SUSANTI

 

 

Hasil   pengamatan    penulis   pada   Biro   Organisasi   Pemerintah    Daerah Kabupaten  Lampung  Selatan  menemukan  fakta  bahwa     optimalisasi  kinerja pegawai masih belum tercapai, terlihat dari masih ada pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu. Hal ini diduga berkaitan dengan permasalahan yang ada pada lingkungan kerja yang kurang kondusif. Penelitian ini bertujuan  ingin mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai   pada Biro Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan. Hipotesis yang  adalah sebagai ada pengaruh  lingkungan  kerja terhadap  kinerja  pegawai  pada Biro Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan.

 

Sampel  yang  digunakan  sebanyak  55 karyawan.    Pengolahan  data  primer dengan  pendekatan  metode  analisis  kuantitatif  dibantu  alat  statistik  aplikasi program  SPSS  versi  21.0.  untuk  perhitungan  uji  validitas,  uji  reliabilitas,  uji regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis Nilai t hitung untuk lingkungan kerja   yaitu  7,479 dengan konstanta 2,889 , pada t tabel dengan db 55 dan taraf signifikan  0.05 diperoleh  1,67 karena t hitung  > t tabel  maka Ha diterima.   Signifikasi   variabel   lingkungan   kerja   adalah   0.00   yang   berarti probabilitas 0.00, karena probabilitas kurang dari 0,05 maka Ha diterima, artinya lingkungan   kerja   berpengaruh   terhadap   kinerja      pegawai   Biro   Organisasi Kabupaten  Lampung  Selatan.  R Square   sebesar  0.514 artinya sebesar  51,4 % variasi perubahan variabel terikat (kinerja)  mampu dijelaskan oleh variabel bebas (lingkungan  kerja)  sedangkan  sisanya  48,6%  lagi dijelaskan   faktor-faktor  lain yang tidak diteliti dalam  penelitian ini.

 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved