418. PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH (BPPRD) KOTA BANDAR LAMPUNG

ABSTRAK

 

PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI

PADA KANTOR BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH (BPPRD) KOTA BANDAR LAMPUNG

 

Oleh

 

 

Desi Risanti

 

 

Pengawasan merupakan salah satu fungsi dari manajemen yang menyangkut masalah pengaturan berbagai kegiatan sesuai dengan rencana personalia yang dirumuskan sebagai dasar analisa dari tujuan organisasi yang fundamental, Pengawasan juga berkaitan dengan pencapaian tujuan dan sasaran organisasional. Kinerja pegawai adalah perilaku nyata yang ditampilkan  setiap pegawai sebagai prestasi kerja yang dihasilkan sesuai dengan perannya dalam organisasi. Pada setiap orang yang bekerja atau dalam suatu kelompok kerja, kinerja selalu diharapkan bisa senantiasa baik kualitas dan kuantitasnya.Untuk mendapatkan hasil itu sendiri haruslah didukung dengan penetapan tujuan dan diawali dengan perencanaan kerja yang rasional. Meningkatkan kinerja organisasi dalam suatu instansi secara keseluruhan harus dimulai dari meningkatkan kinerja individu tiap pegawai dalam instansi.

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui berapa besar pengaruh Pengawasan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Badan Pengelola dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Bandar Lampung. Penelitian yang akan dilaksanakan jenis Penelitian Deskriptif, Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta – fakta dan sifat – sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 37 responden penelitian. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu: variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y), dimana Pengawasan (X) dan Kinerja (Y).

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Pengawasan (X) terhadap Kinerja Pegawai (Y) sebesar 95,9%. Terdapat pengaruh antara Pengawasan (X), Kinerja Pegawai (Y) dengan, dengan tingkat pengaruh sebesar 95,9% yang berarti bahwa Pengawasan dan Kinerja Pegawai memberikan pengaruh dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved